Rabu, 18 Januari 2017

CARA PENANGANAN TERKENA CAIRAN MENULAR




CARA PENANGANAN TERKENA CAIRAN MENULAR





Dalam bekerja selalu mengandung resiko baik kecil ataupun besar, baik berbahaya atapun tidak. Setiap profesi memiliki resiko ancaman penyakit yang selalu menghantui pekerjanya walaupun resiko tak selalu sebanding dengan upah yang didapat. Mereka yang bekerja di kantor tidak terbesar dari resiko terkena penyakit menular. Namun petugas pemberi layanan kesehatan sangan beresiko tinggi terkena penyakit menular.

Petugas pemberi layanan kesehatan seperti dokter, petugas laboratorium, dan perawat sangat rentan terkena cairan darah saat melakukan pelayanannya. Mereka ini sudah berusaha semaksimal mungkin untuk tidak terpapar cairan tubuh kliennya, namun tetap saja, terpapar tidak terelakkan. Cairan tubuh klien terpapar kepada petugas kesehatan melalui banyak cara, mulai dari muntah, saat memberi memberi suntikan untuk obat atau pengambilan darah, tertusuk jarum, dan lain sebagainya. Petugas kesehatan seperti perawat atau petugas laboratorium harus mengetahui Cara Penanganan Terkena Cairan Menular, khususnya darah tidak peduli apa penyakitnya.

 Cairan yang paling menular adalah darah. Darah memiliki banyak komponen yang sangat kompleks dan banyak termasuk mengandung virus atau bakteri penyebab penyakit. Adapun Cara Penanganan Terkena Cairan Menular untuk tiap bagian tubuh yang terpapar memiliki prinsip yang sama yaitu membersihkan dengan segera pada air mengalir. Akan dijelaskan mengenai:
@ Cara Penanganan Terkena Cairan Menular melalui luka tertusuk jarum
@ Cara Penanganan Terkena Cairan Menular pada mata
@ Cara Penanganan Terkena Cairan Menular pada hidung

@ Cara Penanganan Terkena Cairan Menular  pada mulut



Pajanan Luka  Tusuk
Bilas dengan air mengalir menggunakan sabun selama lima menit  atau dengan antiseptik selama tiga menit, jangan dihisap dengan mulut atau ditekan, karena tidak bermanfaat.

Pajanan Pada Mata
Jika cairan tubuh terkena mata, hal yang harus diingat adalah untuk tidak menggsok mata dengan tangan tapi segera mencuci dengan air mengalir saja atau segera membilas mata pada tempat khusus yaitu tempat eyewash terdekat.

Pajanan Pada Hidung
Jika tidak sengaja cairan tubuh terhirup, maka segera hembuskan keluar dan segera cuci pada aiir mengalir. jangan mengorek hidung atau membersihkan dengan cotton bud karena dapat melukai permukaan hidung.

Pajanan Pada Mulut
Pajanan pada bagiian dalam mulut agak kecil, tetapii pajanan pada sekitar mulut atau bibir dapat terkena dan tanpa sengaja terjilat oleh lidah maka segera ludahkan cairan tersebut dan berkumurlah segera

Cara Penanganan Terkena Cairan Menular singkat diatas dapat mencegah kita terkena penyakit menular. Jika kita terpapar cairan menular, dan telah melakukan pencegahan atau tindakan penanganan diatas, jangan lupa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut, dan membuat laporan kejadian dengan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar